Rakuten Belanja Online

Rakuten Belanja Online

daftarsitusonline.web.id – Rakuten Belanja Online, Diluncurkan pada tahun 2011, Rakuten Belanja Online (RBO) awalnya merupakan perusahaan hasil joint venture antara konglomerat media MNC dan raksasa e-commerce Jepang Rakuten. Namun, pada tahun 2013 kerjasama itu secara resmi berakhir, dan sekarang RBO beroperasi sendiri di Indonesia.

Tidak banyak informasi seputar perkembangan RBO. Pada tahun 2013, RBO memiliki target menjual 1 juta produk di dalam websitenya. Dan walaupun menganut model bisnis B2B2C (business-to-business-to-consumer), mulai September 2014 RBO membuka pintu bagi penjual mikro dan individual untuk ikut berjualan di dalam platformnya.

Baca juga : Fiverr

Sejarah
Hiroshi Mikitani mendirikan perusahaan ini pada bulan Februari 1997 sebagai MDM, Inc dan berperan sebagai CEO. Rakuten Shopping Mall mulai beroperasi pada Mei 1997. Pada bulan Juni 1999, perusahaan ini berganti nama menjadi Rakuten, Inc. Dalam bahasa Jepang rakuten berarti optimisme.

Pada tahun 2012, pendapatan perusahaan mencapai US$ 4,7 miliar dengan laba usaha sekitar US$ 770 juta. Pada Juni 2013, Rakuten, Inc melaporkan memiliki total 10.351 karyawan di seluruh dunia.

Pada tahun 2005, Rakuten mulai berkembang di luar Jepang, terutama melalui akuisisi dan usaha patungan. Akuisisinya meliputi Buy.com (sekarang Rakuten.com di AS), PriceMinister (Prancis), Ikeda (sekarang Rakuten Brasil), Tradoria (sekarang Rakuten Deutschland), Play.com (UK), Wuaki.tv (Spanyol), dan Kobo Inc (Kanada). Perusahaan ini memiliki investasi di Pinterest, Ozon.ru, AHA Life, dan Daily Grommet.

Pada 16 November 2016, Rakuten mengumumkan kesepakatan €220 juta untuk sponsor global dengan klub sepak bola Spanyol FC Barcelona mulai La Liga musim 2017-18 hingga 2020, menggantikan Qatar Airways untuk peran ini.

Related posts