Bhinneka.com

Bhinneka

Bhinneka.com – Bhinneka.com merupakan situs e-commerce angkatan pelopor online store yang sampai saat ini terus berkembang dan bertumbuh menjadi situs e-Commerce terbesar di Indonesia.

Disebut angkatan pelopor, yaitu situs yang tayang sebelum abad 21, sekitar tahun 1996-1999. Sebelum Bhinneka.com tentu sebagian masyarakat masih ingat Online Store pertama Indonesia yang sudah almarhum sejak lama yaitu toko buku sanur.co.id, setelahnya Bhinneka.com dan beberapa situs lain muncul di antara tahun tersebut (sebut saja Pioneer Travel indo.com, iklanbaris.co.id, Datakencana, Glodokshop, Kaskus).

Bhinneka.com (Indonesia #1 Webstore), dari tagline memang bervisi untuk menjadi pemain di “kandang sendiri”, bagaimana bisa menjadi pilihan Online Shopping bagi masyarakat Indonesia. Seperti dituliskan oleh pendiri Bhinneka.com, Hendrik Tio pada profil di web-nya, bahwa pelayanan antusias dari hati yang membangun kepercayaan dan gempuran-gempuran persaingan yang dihadapi kemudian hari.

Sejarah

Bhinneka.com lahir dari situasi genting di saat krisis ekonomi yang melanda Indonesia tahun 1997-1998 yang kemudian berkembang menjadi krisis sosial politik.

PT Bhinneka Mentari Dimensi lahir tahun 1993 dan memilih bidang teknologi informasi sebagai inti bisnisnya. Fokus pertama dimulai dari distribusi produk IT seperti PC Build Up dan PC Compatible, Peripherals, rancang bangun perangkat lunak jasa jaringan (Lan/Wan), solusi video editing hingga pusat servis.

Saat krisis, nyaris lumpuh juga bisnis PT Bhinneka Mentari Dimensi, berbagai ektensifikasi bisnis yang dipikir mampu mendongkrak bisnis dilakukan untuk survive, di saat itulah Nicholas Tio & Hendrik Tio melihat peluang yang barangkali dapat dilakukan, yaitu perkembangan internet yang luar biasa di USA. Maka situs Bhinneka.com yang masih berupa profil perusahaan, disetujui untuk dijadikan model online store.

Maka pada 1 Juni 1999, dengan 24 personel sisa karyawan yang tinggal dari 129 staf, dikumpulkan untuk menggalang semangat dan kesatuan untuk bangkit, dengan model bisnis dari agensi distribusi menjadi ritel produk komputer dan berjualan melalui internet. Maka itulah saat pertama Bhinneka.com diluncurkan dengan program yang masih sangat sederhana, yaitu HTML. Dan para karyawan yang sama sekali masih buta apa itu internet.

Tekad Membangun Merek

Pengalaman pahit dengan membesarkan merek produk yang ternyata tidak mampu bertahan ketika krisis menghantam. Maka ketika meluncurkan Bhinneka.com sudah bertekad untuk membangun merek sendiri.

Pemilihan nama Bhinneka, selain memang nama pertama dari nama perusahaan, dirasakan perlu adanya sebuah nama yang sangat Indonesia. Apalagi kata Bhinneka mengandung filosofi yang pas, yaitu keanekaragaman. Sebab positioning yang ingin dibangun adalah: apapun kebutuhan produk IT Anda, klik saja Bhinneka.com, yang menyediakan produk IT yang lengkap, up to date dan kompetitif. Maka slogan yang menempel adalah Indonesia #1 Computer Webstore.

Setelah kurang lebih 9 tahun, Bhinneka.com diam-diam mempersiapkan diri untuk melebarkan sayap di luar lini produk selain produk IT & Elektronik. Maka pada tahun 2008, tagline Indonesia #1 Computer Webstore diubah menjadi Indonesia #1 Online Store.

Produk yang dijual makin beragam, selain produk IT & Office use (hardware, software & solution) yang menjadi citra kuat Bhinneka.com, ada produk home appliance & kitchen (peralatan & perlengkapan rumah & dapur), Toys & Baby Stuff, Health Care, Beauty & Fashion, Tools, and Music. Tampaknya Bhinneka.com terus mengenjot Kategori non IT-nya untuk dapat mensejajarkan diri sebagai pemain online store.

Membedakan Diri dalam Membangun Merek

Humane adalah pilihan untuk membedakan diri dalam membangun merek, hal ini sejalan dengan cita-cita untuk memiliki sebuah bisnis yang berkembang dan dikenal dengan pelayanan (yang dalam waktu berjalan di rumuskan dalam frasa sederhana ‘pelayanan antusias dari hati).

Bagaimana memanusiakan toko online? Menjadi tantangan tersendiri apalagi teknologi interaktif belum secanggih dan sebanyak sekarang ini, terutama problem koneksi dial up. Untuk menunjukkan sisi sentuhan pribadi Bhinneka.com senantiasa menampilkan wajah-wajah asli karyawan baik pada web maupun iklan-iklan di media. Desain dan tampilan laman depan web dibuat dengan tema-tema kontemporer sosial budaya Indonesia.

Menjelang millennium baru kerusuhan antar etnis menajam dan bencana silih berganti, dengan tema-tema persatuan, ajakan untuk maju bersama, menjaga alam dan budaya bangsa, Bhinneka.com ingin turut ambil bagian kontribusi pada penyebaran semangat dan pengalangan persaudaraan.

Bhinneka.com sudah 19 kali ganti tema desain. Desain ke-19 mengangkat tema “Faces of Indonesia” mengangkat kekayaan budaya Topeng Nusantara.

Budaya Perusahaan

Seperti yang ditulis oleh Founder & CEO Bhinneka.com mengenai visi membangun bisnis yang berdaya tahan, dengan membangun budaya perusahaan. Karena Bhinneka.com berangkat dari situasi berat waktu krisis, jadi budaya juang dengan kalimat “bermental baja” atau “jangan cengeng” lumayan kental dalam bekerja, di samping penyeimbang budaya FUN juga ke segenap awak Bhinnekanerz (panggilan sayang staf dan karyawan Bhinneka.com).

Lima Budaya Bhinnekanerz adalah: 1. Religious 2. Knowledgeable 3. Tough 4. Passionate 5. Fun

Nilai Bersama dalam melakukan pekerjaan melayani pelanggan dirumuskan dengan “Pelayanan Antusias dari Hati”.

Nama : Bhinneka.com
Jenis Situs : Situs web , Perdagangan , e-commerce
Pemilik : Hendrik Tio
Situs Web : www.bhinneka.com

Related posts